Prinsip Kerja Serta Pembagian Pada Piezometer

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang prinsip kerja serta beberapa macam dari piezometer

Prinsip Kerja

Untuk prinsip kerja pada piezometer ini dengan memakai diafragma sensiif tekanan dengan memakai kawat bergetar yang terpasang pada alat. Diafragma setelah itu akan dilas ke kapsul yang sudaj tertutup dengan rapat

Tekanan fluida yang dihasilkan akan bekerja pada permukaan luar diafragma yang dapat menimbulkan defleksi diafragma serta menimbulkan perubahan pada tegangan/ frekuensi pada kawat bergetar. Frekuensi yang dirasa berganti akan ditransmisikan menuju perangkat pembacaan oleh kumparan listrik yang akan bekerja pada dinding kapsul.

Piezometer akan mengombinasikan batu berporos di zona depan diafragma, yang akan memungkinkan cairan melewati wilayah tersebut tetapi akan menghindari partikel tanah mengenai langsung wilayah diafragma.

Piezometer dengan Seri 4500 mempunyai stabilitas serta keadanlan jangka panjang yang luar biasa. Panjang kabel yang sanggup menggapai sebagian km ini tidak akan menimbulkan permasalahan pada sinyal output serta tidak akan terbawa- bawa oleh pergantian resistensi kabel yang diakibatkan oleh splicing, transformasi pada panjang, hambatan kontak terminal dll.

Termistor yang terletak di rumah( Housing) bisa memungkinkan pengukuran temperatur pada posisi piezometer.

Konstruksi baja yang tahan terhadap karat ataupun titanuim serta evakuasi pada kapsul akan menjamin jenjang ketahanan korosi yang besar. Tabung pelepasan gas integral di dalam main housing bakal melindungi dari kerusakan petir.

Standar untuk filter yang berpori dibuat dari baja yang tahan terhadap karat yang disinter. Ventilasi udara keramik pula tersedia untuk digunakan di dalam pengaplikasian yang mensyaratkan supaya hawa tidak masuk lewat filter.

Ada beberapa jenis dari piezometer, namun saya tidak akan menjelaskan semuanya. Jika anda ingin melihat yang lebih lengkap silahkan klik DISINI

Model 4500S/SV/SH/AL/ALV Standard Piezometers

Piezometer dengan model ini dirancang supaya dapat melakukan aplikasi pada tekanan fluida seperti pengukuran pada ketinggian air tanah dan tekanan pori ketika langsung ditanamkan pada tanggul. Untuk objek aplikasi alat ini cocok digunakan pada lubang sumur dll

Model 4500B/BV/C Small Diameter Piezometers

Model ini di desain supaya dapat memungkinkan otomatisasi pada piezometer yang memiliki diameter yang relatif kecil.

Model 4500DP Drive Point Piezometers

Alat ini memiliki tranduser yang terletak pada housing dengan ulir batang bor EW dan nose cone yang dapat dilepas. Untuk model ini sangat cocok digunakan pada tanah yang lunak dan tempat pembuangan akhir (TPA)  pemulihan pada alat ini dapat dilakukan pada saat akhir waktu pada pengerjaan.

Sumber : Alat Uji Geoteknik

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: