Penjelasan Lengkap Mengenai Inclinometer

Pada artikel kali ini kita akan membahas inclinometer secara mendalam, mulai dari apa itu inclinometer hingga prinsip kerja pada casing inclinometer.

Apa Itu Inclinometer?

Inclinometer merupakan alat konstruksi yang memiliki fungsi untuk melakukan penganalisaan pada kemiringan yang terjadi pada tanah. misalnya pada tanah yang memiliki potensi besar terjadinya longsor atau pada tanah yang terletak pada dinding terowongan, bendungan dan lainnya.

Secara global, inclinometer atau alat pengukur kemiringan merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengkuran lateral deformation. karena itu jugalah alat ini juga sering digunakan pada pengukuran kecepatan dan pengukuran besar pergerakan pada tanah. setelah pengukuran selesai, hasil dari pengkuran tersebut dapat digunakan sebagai informasi pada lokasi atau pada titik yang mengalami kritis yang diakibatkan oleh pergerakan tanah, kemudian hasil dari pengukuran akan dimunculkan pada layar monitor.

Sejarah Awal Mula Digunakan-nya Inclinometer

Awal mula diproduksinya inclinometer adalah pada tahun 1957, dimana awalnya inclinometer digunakan untuk melakukan proses monitoring pada pergerakan yang terjadi pada daerah greenland. Dimana yang bertindak sebagai operatornya sekaligus orang pertama yang menjadi operator pada alat ini adalah Stanley D Wilson, beliau juga merupakan sang pencipta atau penemu dari alat ini. Dan Stanley D Wilson ini juga berhasil dalam mendirikan perusahaan Slope Indikator yang masih berdiri hingga saat ini.

Prinsip Monitoring Pada Inclinometer

Pada penggunaan pada PC dengan Model FPC-2 proses monitoring dapat dilaksanakan dengan melakukan pembacaan pada probe inclinometer. Field PC nantinya akan melakukan komunikasi dengan interface yang terletak pada gulungan kabel dengan melalui teknologi nirkabel.

Untuk penyimpanan data, hanya dengan mengetuk tombol “rekam” atau dengan menekan “enter” pada layar tampilan PC. Setelah itu akan dilakukan penentuan pada penyelesaian pada pembacaan yang sudah dilakukan, hanya dengan menunggu alat hingga menghasilkan suara “Bip”. PC lapangan ini juga mempu melakukan penampilan pada jumlah check yang akan ditampilkan pada layar LCD, yakni jumlah pada alat yang nantinya digunakan untuk melakukan pemeriksaan data survei di lapangan. Hal ini bertujuan utnuk meminimalisir kesalahan pada proses pembacaan.

Prinsip Kerja Pada Casing Inclinometer

Casing inclinometer ini digunakan secara bersamaan dengan semua jenis probe inclinometer dalam melakukan proses monitoring. Pada bagian selubungnya akan digabungkan dengan daerah permukaan pada tiang pancang. Casing dan kopling memiliki alur yang di setel pada interval 90 derjat yang sudah disesuaikan dengan roda probe inclinometer, hal ini bertujuan untuk menjaga orientasi probe disaat melalui bagian atas maupun bawah casing. Probe juga sangat akurat dalam melakukan pengukuran pada perubahan sudur kemiringan, mulai dari bagian vertikal hingga bagian bagian yang ada pada selubung.

Bahan yang digunakan untuk membuat casing inclinometer ini disebut dengan fiber glass, bahan ini juga sangat kuat, ideal dan juga tahan terhadap berbagai lingkungan. Proses pulturasion akan memastikan bahwa akan tidak ada perubahan lekukan pada alur.

Sumber : Testing Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: